Nama sekolah:
Kelas / Semester: 1/II
Mata pelajaran: Matematika
Alokasi waktu: 1x40 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI
3 : memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : menyajikan pengetahuan factual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anaks ehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
·
Mengenal nama-nama bangun datar
sederhana
·
Mengenal bentuk benda sekitar yang mempunyai
bentuk bangun datar sederhana
·
Megurutkan ukuran bangun datar
C. STANDAR KOMPETENSI
Mengenal nama dan bentuk bangun
data sederhana
D. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1) siswa dapat mengetahui nama
macam-macam bangun datar.
2)
Siswa
dapat mengetahui bentuk bangun datar pada benda sekitarnya
3) Sisa dapat mengurutkan ukuran bangun
datar
Karakter siswa yang diharapkan:
·
Disiplin (dicipline)
·
Tekun (deligent)
·
Tanggung jawab (responsbility)
·
Ketelitian (carefulness)
·
Kerja sama (coorperation)
·
Toleransi (tolerance)
·
Percaya diri (confidence)
·
Keberanian (bravery)
E.
Materi ajar
1. Macam-macam bangun datar
2. Macam-macam benda sekitar yang
memiliki bentuk bangun datar
2. Mengurutkan bangun datar berdasarkan
ukurannya
F. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Demontrasi
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
I.
Kegiatan awal:
Apresepsi/motivasi
1. Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, dan alat peraga
2. Memperingatkan cara duduk yang baik
saat menulis
II. Kegiatan
inti
Pertemuan pertama 1x40 menit
(Matematika)
*Dalam kegiatan eksplorasi guru:
·
Siswa
dapat mengenal nama-nama bangun datar sederhana
·
Siswa
dapat menyebutkan benda sekitar yang memiliki bentuk bangun datar
·
Siswa
dapat mengurutkan bangun datar berdasarkan ukurannya
*Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi sederhana tentang nama-nama bangun datar sederhana
·
Melakukan
Tanya jawab sederhana mengenai benda-benda yang memiliki bentuk bangun datar
·
Mengurutkan
bangun datar berdasarkan urutannya
*Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
III. Kegiatan
Penutup
*Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
Membuat
kesimpulan dari setiap materi yang disampaikan
·
Mengerjakan
post tes
·
Pemberian
pr/tugas
H.
Alat Dan Sumber Belajar
Buku matematika SD kelas I, penerbit
buku ajar siswa yang relevan
Alat
Peraga:
Gambar
bentuk bangun datar
Benda
di sekitar kelas
Komentar
Posting Komentar